Iklan PoldaIklan Pajak
You Are Here: Home » Headline » Mantan Bupati Bantul Tersangka Korupsi

Mantan Bupati Bantul Tersangka Korupsi

Mantan Bupati Bantul Tersangka Korupsi

Idham Tersangka Dugaan Korupsi Dana Hibah Persiba Bantul

TERASMEDAN.com, Yogyakarta – Koordinator Divisi Investigasi Masyarakat Transparansi Bantul (MTB) Yogyakarta, Irwan Suryono meminta pejabat bersih di Kabupaten Bantul mulai berani bersuara setelah bekas Bupati Bantul Idham Samawi dinyatakan sebagai tersangka. “Idham selama ini dianggap orang kuat dan masih memegang peranan penting di masa pemerintahan istrinya sekarang, jadi ini waktu yang tepat untuk bersuara,” kata Irwan Jumat, 19 Juli 2013.

Kejaksaan Tinggi Daerah Istimewa Yogyakarta akhirnya menetapkan Idham Samawi, sebagai tersangka kasus dugaan korupsi dana hibah untuk Persatuan Sepak Bola Indonesia Bantul (Persiba). “Dia sudah kami tetapkan menjadi tersangka,” kata Kepala Kejaksaan Tinggi DIY Suyadi, Jumat 19 Juli 2013.

Dia menjelaskan, dari penyelidikan sejak Januari 2013 itu ada dugaan penyimpangan administrasi dana hibah Persiba. Dana sebesar Rp 12,5 miliar itu berasal dari APBD dan APBD Perubahan pada 2011, masing-masing Rp 8 miliar dan Rp 4,5 miliar.

Irwan mengaku, dia sering menerima laporan dari PNS di Pemkab Bantul yang menjelaskan ada indikasi praktik penyelewengan anggaran. “Saat kami ingin mengungkapnya ke publik dan media, mereka melarang karena ketakutan posisinya sebagai PNS terancam,” ujar dia.

Menurut Irwan, ada enam kasus lain yang terjadi di masa pemerintahan Idham Samawi, yakni Hibah Tembakau Virginia, proyek Bantul Kota Mandiri, pembelian tanah kas desa Bangunharjo senilai Rp 8 Miliar dan dana konsultasi Pemkab Bantul ke pusat. Selain itu, suap pengadaan buku ajar yang menjerat bekas Sekda Bantul, Gendhut Sudharto, dan pemotongan dana rekonstruksi gempa 2006.

Idham Samawi belum bisa dikonfirmasi. Pesan singkat ke nomor telpon selulernya tidak direspon. Ketika ditelpon tak diangkat. Tapi, istri Idham yang kini menjabat Bupati Bantul, Sri Suryawidati, menganggap keputusan Kejati DIY tidak tepat. Dia mengatakan, suaminya sama sekali tidak menilep dana hibah untuk Persiba pada 2011. “Satu sen pun tak ada yang masuk ke kantong pak Idham,” katanya.

Menurut Ida, panggilan akrabnya, Idham justru banyak menyumbangkan usaha untuk mengembangkan Klub Sepak Bola Persiba Bantul. “Dia sudah banyak berkorban tenaga, pikiran dan materi untuk Persiba.” Idham juga ketua Persiba.

Anggota Fraksi PDIP DPRD Bantul, Uminto Giring Wibowo menolak berkomentar. Idham Samawi kini menjabat Ketua PDI Perjuangan DIY, dan juga salah satu ketua dalam jajaran pengurus pusat PDI Perjuangan. Idham kini menjadi caleg DPR dari PDI Perjuangan.(tc/m)

Social Share Toolbar

Share

Leave a Comment

© 2013 TerasMedan.com

Switch to our mobile site

Scroll to top