Iklan PoldaIklan Pajak
You Are Here: Home » Edukasi » Akademik » Wah! Universitas Efarina (UNEFA) Berdiri di Pematangraya

Wah! Universitas Efarina (UNEFA) Berdiri di Pematangraya

Wah! Universitas Efarina (UNEFA) Berdiri di Pematangraya

Bupati Ajak Masyarakat Simalungun Sama-sama Tingkatkan SDM

TERAS-MEDAN.com, Pematangsiantar – Bupati Simalungun DR JR Saragih SH MM mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk bersama-sama dengan pemerintah meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) diberbagai bidang pendidikan khusunya dibidang kesehatan dalam rangka memajukan dan mensejahterakan masyarakat Kabupaten Simalungun.

Hal tersebut disampaikan Bupati saat membuka secara resmi perkuliahan perdana Universitas Efarina UNEFA Pematang Raya. Pembukaan tersebut ditandai dengan pemukulan gong oleh Bupati didampingi Wali Kota Siantar Hulman Sitorus SE, Rektor UNEFA Prof Dr Erika Revida Saragih MS, Pl. Sekda Ir Jon Sabiden Purba MSi dan Guru Besar tetap Ilmu Gizi FKM USU Prof Dr Albiner Siagian, bertempat Aula Griya Hapoltakan Pematang Raya, Senin 25 Februari 2013.

“Untuk memajukan daerah ini, kita harus meningkatkan SDM disemua bidang pendidikan termasuk bidang kesehatan, sehingga kedepan kita memiliki generasi yang cerdas dan berkualitas untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat,”kata JR Saragih.

JR Saragih SH MM yang juga merupakan pendiri dari UNEFA dalam kesempatan itu menceritakan sejarah berdiri UNEFA. Ia menyatakan UNEFA merupakan anak dari perusahan PT Efarina yang bergerak dibidang kesehatan di Purwakarta. Kehadiran Efarina di Purwakarta telah membawa kemajuan daerah tersebut menjadi kota terbaik bidang kesehatan. Dalam memberikan pelayanan kesehatan RSU Efarina tidak membeda-bedakan suku, agama maupun golongan. “Efarina hadir ditengah-tengah masyarakat untuk menjadi garam dan terang serta memberikan layanan kesehatan,”ujarnya.

Saat ini, kata JR, Efarina telah mengembangkan sayapnya di bidang pendidikan dalam meningkatkan SDM melalui Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Kesehatan dan Perguruan Tinggi (PT).

“Saat ini PT Efarina telah memiliki SMK Kesehatan di Purwakarta, Tanah Karo (Berastagi) dan Kabupaten Simalungun (Pematang Raya) dan para siswanya berasal dari berbagai daerah. Untuk melanjutkan jenjang pendidikan selanjutnya Efarina mencoba membuka PT dan saat ini perkulihan perdananya dimulai, karena Efarina berdiri untuk melayani kesehatan serta dengan sungguh-sungguh membantu pemerintah dalam mencerdaskan bangsa,”katanya.

Bupati Simalungun mengatakan bahwa, Efarina juga bertujuan untuk membantu memberikan pelayanan moral bagi anak-anak di Kabupaten Simalungun maupun dari daerah lain sehingga kedepan diharapkan mereka dapat lebih maju dalam mencapai tujuan hidupnya.

Terpisah, Wali Kota Siantar Hulman Sitorus dalam sambutannya menyampaikan apresiasi terhadap berdirinya PT UNEFA. Wali Kota berharap UNEFA juga dapat bekerjasama dengan Pemerintah Kota Pematangsiantar dalam rangka meningkan SDM masyarakat.

Rektor UNEFA Prof Dr Erika Revida Saragih MS mengatakan bahwa UNEFA hadir sejak Desember 2012 dengan SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 413/E/O/2012, memiliki 4 Fakultas yaitu Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan (FKIP), Fakultas Teknik, Fakultas Ekonomi dan Fakultas Kesehatan dengan 14 program study.

Ia menyatakan, FKIP mempunyai 3 program study (prody) yaitu Matematika, Bahasa dan Sastra Indonesia, Pendidikan Sekolah Dasar. Fakultas Teknik mempunyai 3 prody yaitu Teknik Informatika, elektro dan lingkungan. Fakultas Ekonomi memiliki prody menejemen. Fakultas Kesehatan mempunyai 7 prody yaitu Farmasi (S1), ilmu kesehatan masyarakat (S1), Keperawatan (S1), Kebidanan (D3), analisis kesehatan (D3), Radiodiagnostik dan Radioterapi (D3) dan fisioterapi (D3).

“Kehadiran UNEFA ditengah-tengah kita tidak lain dan tidak bukan adalah untuk mencerdaskan masyarakat, mejawab tantangan keterbatasan kesempatan menempuh jenjang pendidikan tinggi, lebih mendekatkan diri dengan masyarakat, khusunya masyarakat Simalungun-Siantar dan seluruh masyarakat Indonesia sehingga diharapkan seluruh masyarakat mendapat kesempatan yang lebih besar untuk menempuh pendidikan ke Perguruan Tinggi,”kata Erika. (MSA)

Social Share Toolbar

Share

Leave a Comment

© 2013 TerasMedan.com

Switch to our mobile site

Scroll to top